Laman

Kamis, 14 Oktober 2010

Tahun Keempat

Bismillah...


Tahun 2007 merupakan tahun permulaan bagi siswa yang telah dinyatakan lulus Ujian Nasional (UN) 2007 untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi di tingkat perguruan tinggi. Kehidupan baru telah dimulai bagi mereka mereka yang keluar dari "kandang"nya. Mahasiswa rantau, demikianlah penduduk asli daerah menyebut mereka yang bukan berasal dari daerahnya. Segala asa baru telah terbuka lebar. Impian impian baru tercipta.

Wajah-wajah lugu yang belum tahu banyak tentang daerah "asing" menghiasi perhelatan akbar tiap kampus. Ada yang menyebut perhelatan akbar ini dengan nama Orientasi Pendidikan Kampus (OSPEK). Namun, tahukah kau kawan di tiap perguruan tinggi, mereka memiliki namanya sendiri sendiri?? Sebut saja PDKT (Pengenalan Dunia Kampus Telekomunikasi) milik IT Telkom  atau Orientasi Kegiatan Kampus (OKK) milik Universitas Indonesia. Nama berbeda namun seharusnya memiliki esensi yang sama, yaitu upgrade pribadi dari siswa ke mahasiswa. Mahasiswa dengan semangat mudanya yang siap memikirkan masa depan bangsa dan negara ini. Tak terkungkung oleh dunia glamour kampus.

Empat tahun bukanlah waktu yang lama. Di tiap tingkatannya mempunyai karakteristik yang berbeda beda. Tahun pertama diisi dengan pengenalan dunia kampus dan waktu yang tepat untuk mengisi amunisi IPK karena pada tahun pertama ini mata kuliah yang diambil masih dekat dengan ingatan pelajaran SMA. Tahun yang dapat digunakan untuk menarik massa akademisi baru sebanyak-banyaknya. Tahun Kedua merupakan tahun dimana mereka (mahasiswa baru, red,) sudah saatnya menjalani roda kampus sebagai pelaksan teknis dan masih berkutat dengan IPK juga tentunya. Tahun Ketiga merupakan tahun dimana saatnya memikirkan arah kegiatan kampus akan dibawa kemana. Tahunnya para "petinggi" kampus mulai bergerak. Tahun Keempat.... Hmm,.. ingin diisi dengan apa? Jikalau tahun ini belum ada bayangan ingin berbuat apa, mungkin ada tingkatan yang terlewati. Tahun keempat merupakan tahun terakhir bagi mereka yang ingin lulus tepat waktu. Namun, disinilah seninya. Tugas akhir yes, yang lainnya tetap jalan donk. Mari mengevaluasi apakah kampus (cakupan minimal) sudah terwarnai oleh kita ataukah justru sebaliknya. Sudah saatnya memberikan kenangan yang terindah dalam empat tahun ke belakang.

_@lantaiduaLaQiHouse_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar